4 Cara Stimulasi Anak 1 Tahun Untuk Mendukung Tumbuh Kembangnya

Table of Contents

Selain memenuhi kebutuhan gizinya, untuk mencapai perkembangan optimal, anak juga memerlukan stimulasi anak 1 tahun. Sebab, tanpa stimulan yang tepat, tentu proses perkembangan motoriknya menjadi terhambat. Tentu ini akan menghambat proses tumbuh kembang yang maksimal.

Mengenal Stimulasi Anak 1 Tahun

Perolehan stimulasi anak 1 tahun akan sangat mendukung perkembangan kognitifnya. Namun, dengan beberapa hal sederhana di bawah ini, orangtua dapat membantu anak untuk mendevelop kemampuannya

Cara Menstimulasi Kemampuan Berbicara

Kemampuan berbicara tidak serta merta didapatkan oleh anak, terutama pengayaan kosakata. Maka yang perlu dilakukan oleh orang tua adalah sering-sering mengajaknya berbicara dengan kata yang sederhana. Nanti, anak akan terbiasa untuk menirunya, walaupun hanya satu kata atau bahkan hanya sepenggal saja.

Biasakan untuk menunjukkan barang nyata untuk mengenalkan namanya. Dengan demikian anak akan mengasosiasikan bunyi yang diucapkan oleh orangtua dengan bena tersebut. Jika ingin mengucapkan gelas, ambilah gelas dan tunjukan bendanya  dengan jelas.

Gunakan kosakata yang tepat, jangan di “bahasa bayikan:. Fungsinya adalah agar anak dapat mengucapkannya dengan  tepat. Ini berlaku untuk semua kata yang perlu dipelajarinya.

Cara Menstimulasi Kemampuannya Menggenggam

Kemampuan menggenggam adalah bagian dari pengembangan sensorik motoriknya. Orangtua dapat memberikan benda yang dapat digenggamnya dengan mudah, namun tidak berbahaya. Perhatikanlah tekstur benda tersebut, agar anak dapat belajar untuk mengenali halus dan kasar permukaan benda.

Berikanlah benda yang tidak dapat dikunyahnya, dalam artian ukurannya cukup besar. Sebab, pada usia itu, anak amat senang mengenali benda dengan cara memasukkannya ke dalam mulut. Jika terlalu kecil, maka ditakutkan akan tertelan. Jangan pula terlalu besar, nanti anak mengalami kesulitan untuk menggenggam..

Menstimulasi Kemampuan untuk Merespon

Orangtua dapat menstimulasi kemampuan meresponnya melalui pendengaran dengan cara membacakan buku cerita khusus anak yang memiliki gambar besar serta warna yang menarik.  Suarakan dengan cukup nyaring namun lembut, agar anak mengetahui jalannya cerita.

Tunjukanlah karakter yang dibawakan setiap kali bercerita, agar anak belajar untuk mengasosiakan gambar dengan ucapan orangtua. tunjukanlah warna yang tepat ketika membacakannya juga. Dengan demikian, anak juga akan mempelajari berbedaan warna dalam 1 kali proses.

Menstimulasi Kemampuan Melalui Indra Peraba

Orangtua dapat memberikan berbagai macam tekstur untuk anak genggam. Antara lain kasar dan halus, lunak dan lembut, sambil mengatakannya dengan jelas. Kenalkan juga nama serta hasil perabaanya. Semua tentu harus menggunakan bahasa anak sehingga mudah untuk dimengerti.

Lakukanlah pengulangan sehingga akan mengerti maksud dari ucapan orangtua. Berikanlah perhatian, agar anak juga belajar untuk berkonsentrasi serta tidak mudah terganggu ketika dalam proses pembelajaran.

Kini orang tua dapat melakukan proses stimulasi anak 1 tahun agar tumbuh kembangnya berlangsung optimal. Dengan demikian, maka seluruh proses perkembangan kognitif serta motorik kasar dan halusnya juga akan optimal.